Seberapa Baguskah Xiaomi Redmi Note 8


Halo sobat toxic, gimana kabar kalian ? Tahun 2020 saat nya ganti smartphone, bagi kalian-kalian yang sedang bingung nyari smartphone dengan kualitas kamera bagus, dan dapur pacu yaangg... yaaa lumayan lah, dan dengan harga kisaran 2jt sampai 3jt, mungkin smartphone yang bakal gua bahas kali ini bisa kalian pertimbangkan. So dari pada basa-basi panjang lebar, langsung gua mulai pembahasannya.


Xiaomi Redmi Note 8, sebuah ponsel yang rilis sebagai penerus dari seri pendahulunya Redmi Note 7. Smartphone yang rilis pada pertengahan Oktober 2019 kemarin, memiliki hype yang luar biasa, bahkan sampai sempat digadang-gadang sebagai smartphone terbaik dengan harga 2 jutan. Nah seberapa bagus nya sih smartphone ini, apakah worth it buat kalian beli ? Mari kita kupas semuanya.


Kita lihat dulu dari tampilan desain nya. Untuk dari segi desain, sebagian orang ada yang pro dan kontra pastinya. Tapi gua pribadi sejujurnya gak suka sama sekali sama desain belakangnya. Bayangin aja, demi mengusung teknologi 48mp, Xiaomi sampai menempatkan 4 lensa berderet kebawah dibagian samping.
Kalau menurut gua, justru ini bikin jelek dan ga ada nilai estetika nya. Dari segi desain bagian belakang, gua lebih prefer Redmi Note 7 yang sama-sama mengusung 48mp, tapi hanya mengenakan dual kamera. Tapi balik lagi, ini sesuai dengan selera masing-masing. Meskipun memiliki desain kamera yang demikian, Xiaomi rupanya melapiskan Gorilla Glass 5 pada body belakangnya, sehingga sedikit lebih terkesan premium.

Lanjut kebagian depan, sebenernya ga ada yang perlu di bahas. Karena rata-rata smartphone dengan harga 2 sampai 3 juta, juga memang memiliki desain yang begini-begini aja. Kalau kalian cari desain yang lebih elegant, lebih baik cari smartphone dengan range harga diatas 4 juta, atau 6 jutaan. Layar dari Redmi Note 8 sama dengan pendahulunya Redmi Note 7, dengan menggunakan IPS 6,3 inch beresolusi 1080x2340px dengan kerapatan PPI 409. Buat kalian yang suka main game, terus emosi banting-banting hp, gak usah khawatir, karena dari segi ketahanan layar, Xiaomi juga menempatkan Gorilla Glass 5 pada bagian depan sama seperti versi sebelumnya Note 7, sehingga sangat aman buat kalian yang pemakaian nya extreme.

Dari segi kamera, Redmi Note 8 sedikit mengalami peningkatan. Yaitu  dengan adanya 4 lensa. Redmi Note 8 menanamkan konfirgurasi 48 MP f/1.8 + 8 MP f/2.2 + 2 MP f/2.4 macro + 2 MP f/2.4 depth sensor, sedangkan Redmi Note 7 hanya menggunakan dual kamera, 48 MP f/1.8 + 5 MP f/2.2 depth sensor. Balik lagi seperti yang gua bilang sebelumnya, antara perlu dan tidak perlu. Karena kalau memaksakan lensa sampai 4, menurut gua itu terlalu berlebihan, dan hanya mengurangi estetika dari sebuah smartphone. Well, balik lagi keselera dan kebutuhan kalian. Untuk kamera depan, baik Redmi Note 7 maupun Redmi Note 8, tidak ada perbedaan. Sama-sama masih menggunakan sensor 13 MP.

Untuk sistem operasi, Redmi Note 8 sudah menggunakan Android versi 9.0 (Pie). Perlu kalian ketahui, saat pertama kalian membeli Redmi Note 8 ini, masih menggunakan MIUI 10, tapi kalian sudah bisa update ke versi MIUI 11 yang baru rilis beberapa waktu kemarin.

Lanjut ke bagian performa. Redmi Note 8 ditenagai dengan chipset Snapdragon 665 Octa-Core 4x2,0 GHz Kryo 260 Gold + 4x 1,8 GHz, serta dengan GPU Adreno 610.
Kalau dari segi performa, sedikit mengalami peningkatan dari pendahulunya Redmi Note 7 yang hanya dibekali Snapdragon 660. Namun secara head to head, hasil performa yang dihasilkan tidak terlalu jauh, bahkan dibeberapa aplikasi, Snapdragon 660 dari Redmi Note 7 lebih unggul. Untuk hasil benchmark nya sendiri, Redmi Note 8 mendapatkan skor 174.125. 

Nah sekarang yang jadi pertanyaan, smartphone ini dengan spesifikasi yang ditawarkan diatas, worth it gak buat kalian beli ? Dengan varian 3/32, Redmi Note 8 dibandrol dengan harga 2.1 jt, dan varian 4/64 dibandrol kisaran 2.4jt. Kalau kalian tanya ke gua, apakah worth it ? Menurut gua gak worth it sama sekali, mending kalian beli Redmi Note 7, yang sekarang hargnya juga sudah turun drastis, hanya kisaran 1.7 jt sampai 2 jt.

Buat kalian yang cari performa, Redmi Note 8 bisa sedikit diandalkan, ingat, hanya sedikit. Kemudian untuk segi kamera, well, balik lagi keselera kalian. Kalau kalian tipe wah, gua mau hasil kamera nya nya perfect, bagus, gua gak peduli desain belakang nya norak dan alay, yaaaa Note 8 boleh lah kalian lirik. Tapi kalau kalian tipe pemakai yang biasa aja, yang suka foto juga, tapi mempertimbakan desain dari sebuah smartphone,  Redmi Note 7 cocok buat kalian.


Oke sekian dulu review dari Redmi Note 8 kali ini, balik lagi ke kalian lebih suka yang mana. Pantau terus website kita toxicgamezone.com biar selalu update berita seputar game maupun gadget lainnya, dan kunjungi medsos kita di @toxicgamezone. And see u next time...


Author: Lin

Posting Komentar

0 Komentar